JOURNAL

Senin, 04 April 2016

Makan Tomat Tiap Hari Untuk Kulit Sehat Berseri



Makan tomat minimal lima biji tiap hari. Paling banyak sepuluh sampai dua belas biji. Di makan dengan cara dijus tanpa tambahan gula, dipotong-potong begitu saja dijadikan camilan, kadang dimakan dengan bumbu rujak. Itu yang saya lakukan. Ada yang seperti saya?

Saya menyukai tomat sejak kecil, tapi mulai rutin makan tomat (tiap hari) saat remaja. Dulu waktu SMP saat mulai mengalami pertama kali tumbuh jerawat, saya panik, lalu curhat pada ibu. Ibu saya tak menyarankan apapun kecuali makan tomat. Karena didorong keinginan untuk  punya wajah bersih tanpa jerawat, saran itu saya turuti.

Sekedar makan tomat itu mudah buat saya karena pada dasarnya saya memang suka tomat. O ya, sebenarnya jerawat saya yang tumbuh waktu itu cuma satu he he. Bukan dua, tiga, empat, apalagi belasan. Tapi paniknya luar biasa. Disuruh minum tomat tentu mau saja, demi memerangi jerawat. Andai dua kilo sehari pun saya mau :D

Kebiasaan makan tomat saat remaja berlanjut sampai saya dewasa. Nggak tiap hari makan sampai lima biji sih. Kadang cuma dua atau tiga biji saja. Kadang tidak sama sekali. Tapi yang pasti, tomat tetap jadi buah yang wajib saya konsumsi.

Mengapa tomat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari? Berdasarkan faktanya, tomat merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol.

Kandungan yang terdapat di dalam tomat diketahui mempunyai beragam khasiat, di antaranya efektif sebagai pencegah kanker, melindungi kulit wajah dan kulit tubuh, melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan, memperkuat tulang pada tubuh, pencegah diabetes secara alami, menajamkan penglihatan, serta memperkuat dan memperindah rambut.

  • Tomat merupakan sumber vitamin K yang mampu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). 
  • Sumber likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. 
  • Tomat mengandung serat yang diperlukan oleh tubuh sehingga dapat melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan.
  • Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh
  • Kandungan likopen dalam tomat dikenal ampuh mencegah berbagai kanker seperti kanker prostat, lambung, usus besar, mulut, tenggorokan, dan kanker ovarium.  Asalkan rutin dikonsumsi, berbagai jenis kanker tersebut bisa dihindari.
  • Sumber vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan daya lihat organ mata seseorang terhadap berbagai benda di sekitarnya.
  • Sumber vitamin A dalam tomat mampu menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.


Tomat untuk kesehatan kulit wajah
Tomat baik untuk menjaga kesehatan kulit, baik wajah maupun badan. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, jerawat pun minggat berkat rajin mengkonsumsi tomat. Saya juga merasakan kulit badan dan wajah jadi lebih kencang, berseri, dan halus. Saat lalai, terasa sekali perubahannya. Kulit jadi kusam dan kendur.

Teman blog saya waktu di MP namanya bu Rani (beliau bekerja di Hotel Sultan Jakarta), pernah cerita ke saya tentang pengalamannya dengan tomat. Katanya, dulu jerawat di wajahnya tergolong parah. Dokter yang menangani permasalahan kulitnya lalu menyarankan untuk mengkonsumsi tomat minimal 2 kilo dalam sehari. Bu Rani lakukan saran itu selama berbulan-bulan, bahkan hingga bertahun-tahun. Tahu nggak apa yang terjadi? Wajah bu Rani mulus lagi!

Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, selain dengan cara dikonsumsi, tomat juga dapat digunakan sebagai bahan masker. Saya belajar perawatan wajah dari bahan tomat ini saat usia saya masih 20an tahun. Yang mengajari saya adalah seorang kakak pesolek yang bekerja di sebuah agent perjalanan. Ia sering bepergian, beraktifitas di luar ruangan, namun rajin memperhatikan kesehatan kulitnya.  Ia mengkonsumsi buah tomat sejak usia 20an dan sejak usia itu juga dia rajin maskeran dengan tomat. Makanya tak heran di usianya yang ke 46 saat ini, ia tetap punya kulit yang cantik dan sehat, serta terlihat awet muda.

Jadi gini, tomat itu kan sangat bermanfaat untuk perawatan kulit wajah. Mulai dari pori-pori besar, membersihkan wajah, hingga ruam. Nah, jika diracik dengan bahan alami lainnya, hasilnya pada kulit akan lebih baik lagi. Simak racikan berikut yang mudah sekali dibuat oleh siapa saja yang membutuhkannya.

Tomat dan Lemon
Campurkan satu sendok makan sari tomat segar dengan dua hingga empat tetesan perasan jeruk lemon. Celupkan bola kapas ke dalam ramuan ini dan beri pijat ringan ke kulit wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit. Cuci wajah dengan air suam-suam kuku lalu berikan pelembab.

Tomat dan Madu
Aplikasikan campuran madu dan jus tomat ke wajah dan leher selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan seksama. Kulit akan terasa lembut dan tampak berkilau setelahnya.

Tomat dan Alpukat
Masker ini cocok untuk kulit kombinasi (kering, berminyak, dan normal) lantaran ada kandungan penyegar, pengurang komedo, dan pengurang produksi minyak pada tomat. Lalu, ada unsur antiseptik dan pelembab dari alpukat. Maske alami ini juga mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat bermanfaat untuk kulit. Lumatkan tomat dan alpukat lalu aplikasikan ke wajah. Cuci bersih setelah 20 hingga 30 menit berikutnya dengan air suam-suam kuku.

Tomat dan Mentimun
Untuk mengangkat kelebihan minyak dari kulit wajah, lumatkan tomat segar lalu pisahkan sari tomatnya. Selanjutnya, ambil perasan mentimun dan campurkan ke jus tomat. Oleskan ke wajah dengan bantuan bola kapas.

Dari empat macam racikan tersebut, yang paling sering saya gunakan adalah racikan tomat dan madu. Sesekali tomat dan alpukat.
  

Apapun makanannya, minumnya Jus Tomat ^_^

Menggunakan bahan alami seperti tomat, selain aman dan tidak mengandung bahan berbahaya, juga murah dan mudah dilakukan. Asalkan rutin, hasilnya akan kelihatan. Soal berapa lama hasilnya, tergantung kondisi kulit seseorang. Sebaiknya kenali dulu jenis kulit sendiri agar perawatan yang dilakukan tepat dan hasilnya pun maksimal. Dulu saya konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit yang praktek di Eka Hospital. Dari konsultasi itu saya tahu perawatan seperti apa yang harusnya saya lakukan untuk kulit saya. 

Kalau kamu, perawatan alami kulitmu pakai buah apa? 



4 komentar:

  1. Aku suka banget tomat.
    Sekali buat jus itu 2-3 buah. Atau kalau dibuat lalap direbus beberapa detik dulu biar agak lembut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu mas sesama suka tomat hehe

      Anakku juga suka yang lembut. Biasanya dikukus, bukan direbus. Kadang biar ada variasinya, isi tomatnya dikeluarkan lalu ditumis sama makaroni dan telur. Dikasih garam sedikit. Setelah ditumis dimasukkan lagi ke dalam tomat, baru dikukus. Enaaak... :D

      Hapus
    2. boleh juga nih dicoba resepnya :)

      Hapus
  2. Wah ada resep di bagian komentar.. Bisa dicoba niii.. Makasih mba rien..

    BalasHapus