JOURNAL

Senin, 08 Februari 2016

Wedang Beras Hitam, Minuman Berkhasiat dari Beras Legendaris



Hari Minggu kemarin (7/2) saya hadir di kelas @Depokmenulis yang diselenggarakan di @CodeMargonda Depok. Ceritanya, kemarin saya belajar tentang Viral Content dari mbak Ollie +Aulia Halimatussadiah. Kelas berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Nah, di akhir acara, para peserta disuguhi Wedang Beras Hitam. Pernah dengar tentang minuman tradisional berkhasiat satu ini? Kalau saya belum pernah. Baru kemarin tahu dan mencicipinya.


Selama ini saya baru mencicipi wedang ronde, wedang jahe, dan wedang uwuh saja. Selain itu belum ada lagi. Wedang Uwuh saya cicipi pertama kali saat makan malam di Kedai Oey Tanjung Karang. Waktu itu saya sedang mengikuti Festival Krakatau 2015. Hari terakhir di Lampung, saya dan rombongan blogger menginap di Hotel POP. Nah, Kedai Oey terletak di sebelah hotel. Kami makan malam di sana. Dalam daftar menu ada wedang uwuh. Karena merasa asing, saya memesan minuman itu. Saat itulah pertama kalinya saya mencicipi wedang uwuh. 

Oh ya, saat di Lampung saya pernah diberi Wedang Uwuh mentah yang dibawa oleh Halim dari Solo, teman sesama travel blogger yang ikut Festival Krakatau 2015. Karena masih dalam keadaan mentah, Wedang Uwuh tersebut baru saya coba saat sudah kembali di rumah. Banyak rempah dalam bahan wedang yang satu ini. Ada dedaunan, akar, kayu, dan biji-bijian. Setelah direbus dengan tambahan gula batu, tentu saja jadi sangat kaya rasa. Namun yang lebih penting, minuman ini ternyata memberi khasiat yang betul-betul dapat saya rasakan. Saat lelah, kedinginan, dan tak bersemangat, minuman ini bisa jadi penawar yang baik.




Bagaimana dengan Wedang Beras Hitam?

Seperti namanya, minuman ini memang terbuat dari beras hitam. Pernah melihat beras hitam? Kalau saya pernah. Tapi mungkin yang saya lihat itu beras ketan hitam, bukan beras hitam. Maksud saya begini, beras hitam itu kan jarang ada. Jadi belum tentu yang saya lihat adalah beras hitam yang dipakai untuk membuat wedang yang saya minum di Code Margonda Depok kemarin. 

Dalam flyer yang saya dapat, tertera nama web www.berashitam.com. Saya menelusuri isi web tersebut, dan menemukan banyak informasi tentang beras hitam. Kamu bisa baca sendiri di sana untuk penjelasan lebih lanjut tentang beras hitam.

"Ternyata setelah diteliti, beras hitam ini sangat menyehatkan. Dalam proses perkecambahan, enzim-enzim dalam bulir beras bekerja mempersiapkan pertumbuhan tanaman baru. Terjadi peningkatan zat-zat yang baik untuk pertumbuhan. Tercatat vitamin-vitamin B nya naik drastis dari 3-5 kali lipat. Bahkan vitamin E nya naik sampai 10x lipat.
Dan ada zat khusus yang hanya terbentuk setelah beras mulai berkecambah, bernama GABA. GABA (Gamma Aminobutyric Acid) adalah sejenis asam lemak baik yang sangat kuat dalam menyapu lemak-lemak jahat dan kotoran penyumbat dalam pembuluh darah. Beras hatsuga ini sering dipasarkan sebagai “GABA Rice” karena dahsyatnya khasiat GABA. Dan banyak juga diekstrak GABA nya sebagai obat untuk mengatasi kolesterol, darah tinggi, dan lain-lainnya.
Dari mana kenaikan zat-zat ini berasal? Ternyata bahan bakunya adalah karbohidrat alias pati yang selama ini sering dihindari oleh orang yang sedang diet. Jadi karbohidratnya berkurang, diubah menjadi vitamin, enzim, GABA, dan zat-zat yang sangat baik untuk kesehatan. Sekali mendayung dua pulau terlampaui!"
Selengkapnya bisa di baca di sini: Khasiat beras hitam

Sederhananya, Wedang Beras Hitam memiliki khasiat antara lain:
  • Membersihkan racun dan kotoran dari tubuh (detoksifikasi)
  • Menutrisi organ tubuh agar kembali berfungsi dengan baik (regenerasi)
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh (imunitas)

Setelah pencernaan, pembuluh darah, organ dan tubuh bersih, lalu kerja sistem kekebalan dioptimalkan dengan nutrisi beras hitam, maka kekebalan tubuh-lah yang akan membereskan semua penyakit.

Wedang Beras Hitam
Sprouted black rice detox infusion

Wedang beras hitam  diproduksi oleh Sanderm dan tersedia dalam kemasan saset. Minuman ini telah terjual lebih dari 300 ribu sachet dan memiliki penggemar setia dari Aceh sampai Ambon. Berkat produk Wedang Beras Hitam, Sanderm pernah menerima penghargaan sebagai "Produk Terbaik" dalam ajang GreenPreneurship Award 2015.

   

Kenapa Wedang Beras Hitam?


  • 100% organik dan berkhasiat
  • Diolah dengan mesin khusus dari Jerman
  • Rendah gula, aman bagi penderita diabetes
  • Kaya serat, asam amino dan antioksidan
  • Kaya zat antikanker antosianin
  • Rasa yang lezat, disukai anak-anak
  • Aman bagi seluruh keluarga Anda

Kemarin, awalnya saya mengira minuman yang disajikan dalam puluhan cangkir yang berderet di atas meja adalah kopi. Hitam pekat tak ada beda pada penampakan. Namun setelah menyeruput kehangatan Wedang Beras Hitam sedikit demi sedikit, ada rasa jahe dan rasa beras yang saya rasakan di lidah saya. Mirip-mirip rasa jamu beras kencur yang pernah saya beli di mbok-mbok jamu. Bedanya yang ini bukan rasa kencur, tapi rasa jahe. Kira-kira seperti itu rasanya.

Dari beberapa artikel yang saya baca, serta testimoni orang-orang yang rutin mengkonsumsi wedang beras hitam, tampaknya minuman ini bukan sekedar dipopulerkan sebagai minuman kesehatan, Sanderm juga mengangkat kearifan lokal rahasia kebugaran para raja. Hal ini bahkan pernah dinyatakan oleh Christopher Emille Jayanata, Ketua KOI (Komunitas Organik Indonesia).

Mbak Dwi Wuryan dan secangkir Wedang Beras Hitam

Kemarin saya baru mencicipi satu gelas. Belum berasa apa-apa sih selain enak hehe. Tapi sekarang saya jadi penasaran untuk mencoba lebih banyak lagi :D Beli di mana ya? Saya cari-cari contact yang bisa dihubungi, ternyata ada dalam websitenya. Saya sebutkan saja di sini ya, siapa tahu ada yang ikut tertarik untuk mencicipinya:

SANDERM

HEAD OFFICE:
Jl. Margonda Raya gg. Lengkeng No. 21 Pondok Cina Beji Depok


FACTORY:
Jl. H. Makasuci No. 12 Serua Bojongsari Depok
SOCHI: 0856 2081026
IRNA: 0856 8432 315

BUDI: 0852 4574 9972
Website: www.berashitam.com

Produk Sanderm ini juga bisa diperoleh di beberapa supermarket dan distributor:
1. Bali Gourmet Pasaraya Blok M
2. Cosmo Bulungan
3. Healthy Choice Kebon Jeruk dan Kelapa Gading
4. Kemchicks Pacific Place SCBD
5. Rumah Sehat Intiyana Terogong
6. Numi Center Alam Sutra

Daftar distributor Sanderm bisa dilihat di sini.






3 komentar:

  1. Baru tau ada beras hitam..
    taunya cuma buah yang bewarna merah saat dipetik, lalu setelah disangrai jadi hitam. asik diminum saat ngobrol dengan kawan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan cobain wedang beras hitam, mas. Cocok buat gantiin kopi :D

      Hapus
  2. cocok but alternatif minum kopi. sama-sama warnanya, tapi rasanya beda.

    BalasHapus