JOURNAL

Sabtu, 17 Oktober 2020

Kelebihan Colocation Server Bagi Usaha Skala Kecil

Kelebihan Colocation Server Bagi Usaha Skala Kecil - Menggunakan layanan colocation server adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan oleh penggiat usaha kecil. Meski usaha masih dalam skala kecil, namun tidak ada salahnya pemiliknya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan lewat sistem IT-nya, termasuk dari situs dan sistem online-nya. Berikut ini adalah informasi lebih lengkap tentang layanan server yang satu ini dan juga alasan kenapa harus menggunakannya.


Alasan Menggunakan Colocation Server

Pada dasarnya, colocation server adalah layanan di mana penyewanya dapat menitipkan server mereka di data center milik orang lain. Dengan demikian, mereka tidak perlu memiliki space di sebuah data center untuk usahanya. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi penggiat usaha kecil. Simak alasan selengkapnya di bawah ini.

1. Hemat Biaya

Seperti yang sudah disinggung tadi, biaya menjadi manfaat utama dari mereka yang menyewa layanan ini. Biayanya dijamin lebih murah karena kita tidak perlu menyewa ruang sendiri di data center. Bagi pemilik usaha kecil yang omsetnya belum besar, tentu hal ini membuka kemungkinan bagi mereka untuk tetap terlihat profesional dari segi IT namun dengan biaya yang kecil saja.

2. Keamanan Data Terjamin

Meski hemat biaya, colocation server tetap bisa menjamin keamanan data. Bagaimanapun juga, data tetap tersimpan dengan rapi dan aman di data center professional. Keamanan data dijamin karena biasanya gedung-gedung data center sudah dilengkapi dengan proteksi anti kebakaran dan juga sistem keamanan lain yang mumpuni.

3. Dapat Meningkatkan Produktivitas

Salah satu hal terbaik yang didapatkan ketika menyewa layanan semacam ini adalah meningkatnya produktivitas usaha. Kita tidak perlu repot mengurus server dan hal-hal terkait IT. Semua sudah dilakukan oleh tim profesional dari data center itu sendiri, contohnya seperti yang dilakukan oleh tim nexdatacenter.com Kita bisa memanfaatkan waktu untuk fokus pada usaha dan meningkatkan produktivitas.

4. Mendapatkan Layanan Professional

Tidak perlu khawatir tentang layanan dari colocation server. Meski di sini statusnya hanya “numpang” atau servernya ikut di data center orang lain, tapi layanan yang didapatkan tetap sama persis. Penyewa tetap mendapatkan layanan teknologi canggih yang sama dan juga sistem layanan yang sudah terstruktur rapi.

5. Tidak Perlu Membuat Tim IT

Bagi yang belum tahu, mungkin salah satu hal yang menyedot biaya terbesar saat kita membuka space sendiri dalam sebuah data center adalah ketika kita membuat tim IT. Tim ini biasanya akan bekerja menangani semua hal terkait server, layanan, dan lain-lainnya. Ketika memanfaatkan sistem colocation, kita tidak perlu membuat tim IT sendiri karena dari sananya sudah tersedia.

6. Tidak Perlu Upgrade Sistem Server

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika menyimpan data di data center adalah melakukan upgrade sistem server. Hal ini cukup rumit dan biasanya tidak bisa dilakukan oleh orang awam. Namun jika menggunakan layanan colocation, tidak perlu khawatir tentang masalah upgrade sistem server ini. Hal ini akan ditangani oleh penyedia layanan dan kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan upgrade sistem server.

Demikian informasi tentang sistem server yang satu ini. Semua penggiat usaha kecil sepertinya harus mengetahui tentang hal ini agar mereka bisa menggunakan jenis server yang satu ini untuk meningkatkan usahanya dari segi IT. Ada banyak manfaat yang memang bisa didapatkan dari colocation server dan beberapa di antaranya bisa dilihat di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar